Saturday, June 15, 2013

5 Days, 5 Cities, 5 Flights, 4 Countries: Day 2 and 3 - Singapore and Kuala Lumpur

Introduction
My A380 Experience
Day 1 - Singapore
Day 2 - Johor Bahru
Day 2 and 3 - Singapore and Kuala Lumpur
Day 3 - Hong Kong
Day 4 - Macau in a Nutshell
Day 4 and 5 - Hong Kong and Sick in Singapore
Itinerary and Expenses

ao! maap baru ngelanjutin lagi karena lagi banyak pikiran (sailah). let's get it started!

setelah balik dari Johor Bahru, gue bertekad untuk melanjutkan misi mencari tas titipan mama. jadilah naik MRT dari Kranji dan rencananya turun di Orchard. hiyak tapi hujan derassss sekali, dan alhasil mager turun di Orchard. akhirnya gue memutuskan untuk ke Raffles City lagi. setelah liat barang-barangnya dan nanya harga, langsung keluar. bandingin dulu dong sama toko laiin. abis dari Raffles City, lanjut ke The Shoppes. disana mayan muter karena bingung dimana letaknya. akhirnya nemu, eh barangnya sama aja kaya di Raffles City. cuma disini dibilangin kalo tourist dapet diskon 10%. tapi masih mahal hufttt alhasil diputuskan beli tasnya nanti aja di Hong Kong. kalo gak dapet yang di mall, beliin aja yang kw (tega). setelah hunting selesai, gue muterin mall-nya dan tiba-tiba ke pintu keluar. lha bingung. tapi dapet pemandangan bagus, bisa liat singapore museum yang bentuknya kaya lotus.

setelah pegel dan batre hp abis total, gue balik ke hostel dulu. rencananya pengen istirahat aja sambil nunggu maleman dikit biar langsung ke airport. terus karena belom makan siang dan laper, jadilah gue nyari tempat makan deket hostel. awalnya pengen ke McD aja. cuma pas lagi jalan nemu ruko yang kayaknya cozy gitu ditambah harganya yang murah. sebenernya gaktau sih murah apa mahal, pokoknya lebih murah dari McD. disitu gue makan nasi lemak dan minum iced milo. dari situ jua baru tau kalo nasi lemak isinya ikan asin dengan bumbu dan telor. makanya pada post ini gue sempet nyesel pas dikasih pilihan malah nyebut nasi lemak. terus balik ke hostel, ketemu mbak receptionist yang baik hati, dan dia nawarin kalo mau mandi/pake kamar mandi boleh aja gratis tis tis. kalo mau minum ambil aja di fridge. aiiih baiknyooo. cuma gue belom ada niat mandi sih, jadi geler geler dulu aja sambil ngecharge handphone. sambil ngecharge, gue nanya sama dia kalo gerimis gini ke Sentosa Island enak nggak, katanya jangan, enakan pas udah redaan. terus gue nanya kalo gue pas transit balik dari Hong Kong, mampir ke Sentosa Island possible nggak, berhubung gue cuma punya 5 jam (waktu bersih setelah dikurangin segala macem) buat muterin Singapore. katanya mungkin kok. terus dari ngobrol sama dia, gue juga baru ngeh kalo Merlion letaknya bukan di Sentosa Island. ternyata deket dan walking distance dari hostel wkwkwk geblek. tapi kata dia walking distancenya 25 menit. aih mager, mending naik MRT.

setelah hujan sedikit mereda, cabutlah gue ke Merlion dengan menggunakan MRT. kemudian turun di MRT . setelah memilih exit yang sekiranya tepat, dan... haiyak dimana Merlionnyaaa? malah ada Fullerton Hotel. jadilah dengan bantuan google maps dicampur apple maps, nemuin lokasi Merlion. pas diikutin, lha lha kok muter-muter gini. terus ada momen dimana gue jalan menjauh dan akhirnya muter-muter di suatu persimpangan. geblek. terus akhirnya tau kalo Merlion ada di seberang jalan. shit ini gimana nyebrangnya? masa kejadian Takashimaya keulang lagi.... alhasil nanya orang dan pake feeling, akhirnya nyampe di tempat ngolongin jalan rayanya gitu. jadilaaah nyampe di Merlion.

disini buanyak orang Indonesia. emang dah Indonesia di tempat beginian ruamenya bukan main. sama aja kaya waktu ketemu banyak orang Indonesia di Madame Tussauds Bangkok (jadi inget belom neglanjutin post Bangkok). tapi untungnya, jadi gampang sksd buat minta fotoin. setelah merapat ke grup berisikan 6 orang mbak-mbak, gue tawarin mau difoto apa nggak. mereka mau. terus setelah itu satu orang dari mereka fotoin gue. pas udah kelar sekali foto, mbaknya bilang "gamau foto gaya minum?" "(dalem hati: YYYYEEEUUU) ........ nggak mbak hehe" terus kabur ke spot lain. terus cekrek cekrek dan baliklah lagi ke hostel.

disini gue mengiyakan tawaran make toilet gratis. niatnya pengen mandi dan boker juga, berhubung gue gatau lagi kapan bisa mandi (sedih). dan berhubung gue gamau handuk gue basah karena bakal dibawa ke Hong Kong, jadilah gue merelakan 1 SGD untuk towel rent. setelah selesai buang hajat dan mandi, dilakuanlah packing ulang karena gue gak beli bagasi buat flight HK-SG. sementara di HK bakal beli tas buat mama. jadilah gue bakal menggunakan fasilitas Left Luggage di Changi yang setelah gue browsing sebelumnya ada di tiap terminal. yang jelas bakal gue tinggal adalah baju kotor, beberapa underwear dan boxer serta kaos yang dikira berlebih, dan jumper. jadilah nanti 2 kantong plastik bakal gue tinggal. dan jadilah gue ke Hong Kong cuma bawa tas isinya 3 set underwear dan boxer, 1 kaos kaki, 3 kaos, 1 pants, handuk, dan toiletries.

jam 6.30 gue cabut dari hostel dan bilang makasih banyak buat 2 hari ini ke receptionistnya. gue juga ngasih review di tripadvisor buat hostel ini. hostel ini emang banyak banget review bagusnya. gue juga baca-baca review sebelumnya, dan setuju banget sama yang bilang kalo disini baik banget karena nyediain banyak free flow beverages kaya milk dan chocolate. cuma sayang kagak dikasih free mineral water wkwkwk. setibanya di Changi, gue cek papan departures yang segede gaban dan masih klasik (tapi gue demen bener ngeliatinnya), tentang dimana check-in row gue.

setelah nemu, lalu check-in lah. karena beli pake credit card bokap, alhasil selain nyiapin paspor, gue juga bawa surat keterangan yang ada tanda tangan bokap, fotokopi paspor bokap, fotokopi ktp bokap, sama fotokopi credit card bokap. yang ternyata kagak diminta sama sekali -___- jadi kasihin paspor aja, and you're good to go. cuma emang biar aman, if you paid the ticked using someone else's credit card and s/he doesn't travel along with you, bring a photocopy of his/her valid ID and his/her credit card. karena emang gitu aturan umumnya buat full-service airlines.

kelar check-in di terminal 2, gue ke left luggage terminal 1. kenapa terminal 1? karena flight Singapore-Bandung gue nanti dari terminal 1 dan takutnya gak keburu abis gue muter-muter di Singapore kalo harus ke terminal 2 dulu, ngambil left luggage, naik skytrain, ke terminal 1. disana, 2 kantong kresek itu masuk kategori loose. pokoknya gue tinggal tanggal 26 Mei malem, dan ngambil 29 Mei siang, biayanya cuma SGD 2! setelah kelar, balik ke terminal 2, masuk ke security check buat bisa ke gate. di gate gue menunggu panggilan boarding. dan beberapa saat kemudian, boardinglah gue dan masuklah gue ke pesawat. btw beberapa kalimat kedepan bakal agak aviation geek, jadi kalo males bisa skip ke paragraf berikutnya. gue pernah baca kalo pesawat Malaysia Airlines jenis 737-800 dengan nomer registrasi 9M-MX_ adalah yang baru, jadi ada IFE di tiap kursinya. terus sebelomnya, gue liat flightradar24 dan menemukan kalo flight MH610 gue ini, pada hari sebelumnya, menggunakan pesawat dengan registrasi 9M-MX_ itu. terus seneng dong karena flight 1 jam gue bakal ada IFE tiap kursinya. eh tapi ternyata pesawat gue malem itu bukan 9M-MX_ dan bahkan bukan 737-800 melainkan 737-400. kuno deh pesawatnya.

pas masuk pesawat, gue menemukan kursi yang seperti rainbow cake alias warna warni. setelah itu duduk, alhamdulillah dapet window seat. pas lagi mikir "kayaknya gue satu-satunya orang Indonesia disini deh", orang sebelah gue ngomong ke sebelahnya pake bahasa jawa -__- terus orang belakang gue, tiga-tiganya ngobrooooolllll mulu, dari boarding sampe keluar pesawat. buset dah kagak capek apa tuh mulut. gue sendiri di pesawat tidur beberapa menit, dan ketiduran pas bagiin snack. untung snacknya cuma kacang doang sebungkus. dan gue masih dapet minum. ya alhamdulillah saja.
see ya, Changi!

jam 10an pesawat mendarat di KLIA aka Kuala Lumpur International Airport, bukan LCCT lhooo (kampung). setelah keluar pesawat gue celingak celinguk dulu nyari sofa buat tidur. ternyata nggak ada. terpaksa deh harus ke imigrasi dan berharap di luar sana ada kursi panjang buat tidur. keluar imigrasi, gue masuk ke Arrival Hall di lantai 3 dan muter-muter cari kursi. nihil. kemudian gue dengan sotoynya naik ke Departure Hall di lantai 5 dan berharap ada kursi. dan alhamdulillah, ternyata adaa! bahkan gue menemukan udah ada yang tidur disana.
 landed!

banyak die cast di KLIA!

Selamat Datang ke Malaysia

lalu cerita berlanjut dengan post yang tentang pengalaman gue naik Airbus A380 untuk pertama kalinya ini.

karena post itu sudah menjelaskan semua kisah gue di KLIA, jadilah post ini disudahkan sampai disini saja. post berikutnya berarti tentang the real adventure, which took place in Hong Kong. ini nambahin tempat tidur gue di KLIA aja deh. tempatnya.... ya kursi. cuma masih manusiawi kok. bawa jaket aja kalo takut kedinginan. dan jangan takut diusir karena kagak bakal diusir. bahkan gue nanya sama mbak-mbak check-in counter dan katanya emang boleh tidur di airport.

tas ceritanya jadi bantal. dan demi keamanan, tali tas kamera gue lilit lilitin di tangan takut dicolong wkwkwk

legaaaa

sampai bertemu di Hong Kong!