Saturday, August 24, 2013

5 Days, 5 Cities, 5 Flights, 4 Countries: Day 4 and 5 - Hong Kong and Sick in Singapore

Introduction
My A380 Experience
Day 1 - Singapore
Day 2 - Johor Bahru
Day 2 and 3 - Singapore and Kuala Lumpur
Day 3 - Hong Kong
Day 4 - Macau in a Nutshell
Day 4 and 5 - Hong Kong and Sick in Singapore
Itinerary and Expenses

Day 4 - 28 Mei 2013
setelah sampai lagi di Hong Kong, keluarlah gue dari China Ferry Terminal di daerah Tsim Sha Tsui. karena udah bertekad buat foto si bebek, jadilah keluar dari mall/gedung harbournya, jalan lurussss aja berdasarkan google maps ke Victoria Harbour. eh ternyata jauh ye. gempor dah kaki. sepanjang jalan ke Victoria Harbour, banyak barang-barang branded mahal yang tokonya di pinggir jalan. kalo di Jakarta adanya di mall-mall, ini di pinggir jalan. terus kalo mau masuk harus ngantri di luar kalo di dalemnya penuh. penuhnya disini paling 3-5 orang yee. jadi heran aja sebenernya, itu orang pada mau buang duit malah disuruh nunggu di luar dulu yang terik bener. gue sih kalo digituin udah mencak-mencak! (mental rusuh).

sesampainya di Victoria Harbour.... tadaaaaa!!
*rowing on the bay sambil nyanyi I See the Light Duck*

mengingat singkatnya waktu karena harus ke Ngong Ping, pas nyampe langung nyamperin tante-tante yang lagi selfie. sian bener dah. makanya gue langsung nawarin mau dipotoin kagak. eh dia mau, jadinya gantian deh. dia motoin 2 kali dengan masing-masing mode portrait dan landscape.

DRAT!!! rambutnya wtf!

karena rambutnya terlalu wtf jadinya gue bilang makasih ke si tante terus berjalan dikit menjauh dari dia buat minta tolong sama orang lain. kan gak enak kalo keliatan sama dia kalo gue abis minta tolong sama dia eh minta tolong lagi sama orang lain. jadilah gue foto foto bebeknya sambil berjalan menjauh.

foto basa-basi

setelah dirasa agak jauh dan udah nggak keliatan sama si tante, akhirnya minta tolong fotoin dan alhamdulillah mendingan
backlight? saatnya Camera+ turun tangan!

selesai foto-foto sama bebek, pengen pegang bebeknya cuma ya karena tidak mungkin, jadilah gue langsung cabut. pas mau balik ke GH buat ambil barang-barang, kan mayan laper tuh, jadinya stop bentar di McD. eh alamakjaaan pas masuk itu ngantrinya puanjang bener! bisa-bisa gue baru dapet makan pas pesawat ke Singapore udah boarding! *lebay* tapi beneran panjang makanya pas baru banget buka pintu, langsung puter balik.

setelah keluar lagi dari McD, jalan lagi menuju stasiun MTR terdekat buat ambil barang di GH karena berikutnya mau ke Ngong Ping. ke Ngong Ping naik MTR juga. agak lama jalannya karena Ngong Ping itu udah deket airport. jadinya dari Ngong Ping nanti mampir dulu ke Disneyland buat foto depan gatenya (sedih) terus langsung ke airport naik bus.

sesampainya di ticketing cable car Ngong Ping, gue kasih bukti reservasi (waktu itu sepi juga loketnya jadi kagak ada privilege apa-apa). pas mau nuker, kata mas-masnya gue mesen yang crystal clear cabin (cable carnya terdiri dari kaca semua, atas bawah kanan kiri) yang harganya lebih mahal, padahal gue maunya yang standard aja. berhubung waktu yang sempit dan kalo crystal cabin antriannya lebih pendek, jadi gue iyain aja. cuma 10 detik kemudian langsung "mas gak jadi deh standard aja", maapin mas.

seperti yang orang bilang, antrian standard panjang. crystal kosong. bahkan ada yang crystal lewat begitu saja gara-gara kagak ada yang nunggu. 15-20 menit, akhirnya naik juga. pas naik nanti difoto dulu gitu, pas nyampe bisa diambil bisa kagak.

si om pramugara British Airways yang sepertinya sering ke Hong Kong jadi udah ngerti seluk beluknya. dia ke Ngong Ping mau sepedaan bawa sepeda lipet. pas keliatan HKIA, dia dengan excitednya bilang "itu pesawat gue nanti malem" sambil nunjuk nunjuk ke temennya. semua informasi barusan diperoleh dari hasil nguping.

setelah 20-30 menit (udah lupa maapin) perjalanan yang awalnya tenang cuma makin ke atas makin seru karena banyak angin (??), akhirnya sampe juga di Ngong Ping! awalnya tau Ngong Ping dari Running Man waktu episode Hong Kong. jadi nyempetin kesini deh buat liat Big Buddha sama Wisdom Path. ohya, turun dari cable car langsung diarahin ke toko souvenir. jadi dari foto yang pas berangkat itu, bisa dicetak di gelas, keychain, dan lain lain. karena gue pengen beli dan masih waras jadi gue ambil yang foto biasa aja. eh harganya HKD 100!!!! yaudahlah sekali kali ini... masih melas sih karena udah bilang beli masa gakjadi pas dibilang harganya. tapi sekarang girang aje kalo liat fotonya hahaha caem guenya! hayah

ini kayaknya toko yang jadi tempat ngecek emas beneran apa boongan di Running Man. etapi lupasih bener apa salah

tujuan pertama adalah Big Buddha. dengan bawa ransel isi tas kamera dan segala macem, serta bawa tas tenteng dengan berat sekitar 7 kg, gue jalan dari stasiun cable car mengikuti petunjuk ke Big Buddha. eh sempet sempetnya pake acara nyasar!!! kampret emang. cuma pas akhirnya nemu arah benernya, sedikit sedih karena ke atasnya masih harus nanjak dengan bawa gembolan segitu banyaknya. akhirnya dipaksain naik dan nyampe sana baju udah basah keringetan semua.

abis foto-foto, karena takut nggak keburu ngejar ke bandaranya berhubung harus ngantri cable car dan naik bis, akhirnya diputuskan buat nggak ke Wisdom Path.

setelah sampe lagi di stasiun cable car di Tung Chung, jalan kaki ke Citygate Outlet yang katanya jual baju murah murah. eh ternyata biasa aje. tapi tetep beli sih biar ada kenang kenangannya gituu. kelar muter citygate, keluar mallnya karena di deket situ ada semacem terminal bis. kalo mau ke airport bisa naik bis S1 dari citygate outlet ini.

sampe di HKIA terminal 2 (Tiger Airways adanya di terminal 2 yaa bersama dengan kebanyakan airlines murah lainnya), gue shock karena gue salah jadwal. gue ingetnya flight jam 20.45, eh ternyata 21.45... tau gitu bisa ke Disneyland dulu. cuma karena kaki udah minta istirahat dan belom makan, jadilah gue makan di foodcourtnya. makan blackpepper chicken dengan harga HKD 45 dan ternyata porsinya gede bener, ayamnya juga banyak dan akhirnya kekenyangan dan nggak abis. abis makan gue duduk dulu disitu karena pemandangannya adalah ngeliatin pesawat landing. wkwk segitunya amat ye gue. demen aja tapi ngeliatinnya. dan harus diakui Hong Kong ini sibuk banget airportnya. pas ada pesawat yang lagi landing, gak jauh di belakangnya ada kedip kedip ada pesawat lagi final approach. begitu terus hampir nggak ada jeda. emang lagi peak hour juga kali ya sore sore gitu.

berbeda sama pas check-in buat Malaysia Airlines di KLIA yang bisa kapan aja, check-in Tiger Airways baru di Hong Kong baru dibuka 2 jam sebelomnya. jadi baru bisa check-in sekitar jam 19.45 sementara gue nyampe jam 17.30. abis makan, masih jam 18.30an jadinya muter-muter bandara dan ketemulah Disneyland Store hihiiiww. disana beli gantungan kunci yang ternyata sama kaya punya Bintang. tapi sampe sekarang masih belom dipake sih, masih teronggak di plastiknya. nyari hoodie disana, kagak ada yang cocok. belakangnya selalu ada gambar segede punggung. yekali ke kampus pake hoodie Mickey Mouse segede gitu.

akhirnya dibuka juga itu counter check-in, dan semua berjalan lancar dan akhirnya dapet boarding pass. abis itu masuk imigrasi dan naik bis karena gatenya bukan di main terminal. berhubung batre hp menyedihkan, jadi nanya ke security ada colokan dimana. ternyata di deket Starbucks ada colokan yang lumayan banyak. ada kursi dan meja juga. dan ada wifi. betah bener dah jadinya disitu nungguin sambil dipanggil boarding. terus upload foto bebek jadiin profile picutre di facebook. terus commentnya begitu semua cuma Dhea doang yang bener. yaudah sebagai manusia cool lebih baik saya diam.

fakir listrik

akhirnya boarding dan masuklah ke pesawat

DADAH HONG KONG DAN MACAU!!!!! I PROMISE YOU I WILL BE BACK SOON!!!

sekalian ajadeh sama Day 5.

Day 5 - 29 Mei 2013

pesawat landing di Changi jam setengah 2 pagi lebih dikit dan setelah connect ke free wifinya, gue cari info tentang tidur di Changi. dan katanya disediain snooze lounge gitu. dalam perjalanan menuju snooze lounge gue tergoda untuk nyobain foot massage nya changi yang gratisan. dan kebetulan ibu ibu sebelah gue adalah orang indonesia yang abis dari Washington DC via Narita. dia bakal ke Jakarta dengan flight jam 6 jadinya kagak tidur karena takut bablas. dia orangnya baik, ngasih gue brownies yang dia beli di Narita. terus jadinya ngobrol sampe setengah 3. karena gue harus tidur, jadi gue pamit ke dia. abis pamit, bukannya tidur malah nyari colokan buat hp. eh bencana dateng. malah dikasih tau ada tempat namanya iConnect di lantai 2 (apa 3 gitu) Changi Terminal 2. kenapa bencana? karena 1. kursinya pewe 2. sepi 3. ada komputer gratisan 4. internet cepet 5. ada colokan tiap meja. alhasil gue malah browsing dan menemukan bahwa AirAsia X ada promo dan GUE BELI TIKET......... iya, gue beli tiket liburan pas lagi liburan. karena girang abis beli tiket, gue malah ngira-ngira nanti disana kemana aja, ngapain aja, dan butuh dana berapa. alhasil nggak tidur. UGH. masalah muncul sekitar jam 6 gue udah bosen dan pengen makan. diputuskan makan di Burger King dan lidah udah kacau, mulut rasanya nggak enak. fix deh masuk angin.

kecapean pas di Ngong Ping kemaren, nggak tidur, dan telat makan. alasan tepat buat sakit. akhirnya gue loyo dan males ngapa-ngapain. flight gue berikutnya jam 14.25 dan masih ada 8 jam lagi. karena bingung kalo di airport nunggu dimana, akhirnya maksain buat keluar. rencananya ke Sentosa Island buat foto di depan USS terus ke Mustafa Center buat beli coklat. namun apa daya pas sampe Vivo City gue terkulai lemah dan malah duduk duduk aja di taman di luar mall-nya. bengong aje mayan lama disana.
sendu di Vivo City

udah bosen, terus mau balik ke airport aja. kan lagi gak enak badan nih, jadinya pengen nunggu MRT yang kosong dong di MRT Tanah Merah. eh ternyata kagak kosong kosong. udah ditungguin hampir 10 MRT, semuanya penuh. dan orang Singapore juga kagak ada yang kaya gue gitu, nungguin MRT yang kosong. jadi pas ada MRT dateng, semuanya masuk. tinggal gue sendirian doang di stasiun. cuma akhirnya gue masuk aje dan pas di dalem MRT dapet email dari AirAsia kalo flightnya delay sejam. ALAMAAAKKK! udah bener bener lemes dah. pas sampe airport gue ambil semua barang di left luggage dan coba ke check-in counternya AirAsia. ternyata mereka kaya punya general check-in gitu yang buka terus. jadi bisa check-in lebih dari 2 jam sebelom flight. alhamdulillah. setelah dapet boarding pass, langsung ke gate dan tidur tidur ayam. tapi cuma bisa tidur kurang dari 1 jam. sampe jam 15.25 gundah gulana dan gusar. nelpon rumah nggak diangkat angkat, sedih bener dah.

akhirnya the gate was opened dan masuk lalu boarding. di pesawat setengah perjalanan gue bisa tidur. hampir 2 jam kemudian, landing di Bandung dan ke Solaria dulu karena pengen teh manis dan biar istirahat sekalian ngabarin orang di rumah. abis itu, langsung antri taksi dan ternyata ke cisitu bayarnya 50 ribu. hufffttt yaudahlah gakmau pusing dan mau istirahat aja akhirnya berangkat. nyampe kosan, beberes dikit, dan naik ojek ke DayTrans. ambil yang jam 18.30, dan gue terlelap sampe di Senayan City sekitar jam 21.30. gile itu tidur dari baru naik sampe nyampe di Sency! itu juga dibangunin sama supirnya wkwk.