Wednesday, October 9, 2013

Annyeonghaseyo South Korea!: Seoul Day 1

setelah mendarat di Seoul-Incheon International Airport, kita mencari cara untuk ke Seoul. jarak dari Incheon ke Seoul cukup jauh. ada beberapa cara untuk ke Seoul, misalnya dengan airport express, kereta biasa, limousine bus, taksi, atau hitchhike. yang terakhir ngasal sih. sebagai orang yang sangat sayang sama uang, tentunya kita milih naik kereta biasa. jadilah kita ngikutin petunjuk yang sangat jelas buat ke stasiunnya. gampang kok tinggal turun, dan jalan mengikuti petunjuk. waktu itu masih sekitar jam 9, jadi toko-toko masih belom pada buka semua. airportnya seperti selayaknya airport di kota-kota besar negara yang cukup maju, gede, megah, modern, lega, bersih, enak diliat, dan sangat memudahkan buat first-timer.

sesampainya di stasiun, kita dihadapkan pada vending machine ticket. berhubung masih norak, jadi ngeliatin orang dulu. ternyata bayarnya bisa pake kartu. dan emang disarankan pake kartu aja karena lebih hemat beberapa won dibandingkan kalo beli tiket single journey. cuma sayangnya kita lupa beli kartunya di supermarket di atas. dan muter di bawah nggak nemu supermarket kaya 7-11 gitu. jadilah kita beli yang single journey aja dulu. vending machinenya ada yang bahasa inggris kok, jadi gampang. pilih destinasi, masukin mau beli berapa, muncul amount of money yang harus dibayar, masukin uang, lalu tiket serta kembaliannya muncul.

frekuensi keretanya nggak begitu lama. terus kita masuk deh pas dateng. nah, di dalem kereta ini, kan ada 1 kursi kosong tuh ceritanya. terus gue suruh adek gue duduk. cuma dia masih kebawa di Indonesia kali ya, jadi sok-sok nggak mau duduk karena ada cewek muda yang berdiri. cuma berdasarkan pengalaman di HK sama SG, cewek muda tuh kalo bediri ya gamau kalo ditawarin duduk. kalo nenek-nenek baru mau. jadi pas adek gue nawarin malah ditolak sama dia. terus malu deh adek gue. kacian. akhirnya dia dudukin kursinya, dan gue cari kursi yang agak jauhan.

dari Incheon Airport, kita mau ke hostel yang deket sama Hyehwa Station. dengan aplikasi di iPhone yang canggih, jadi kita tau dari A ke B rute tercepatnya yang mana. ada jadwal kedatangan kereta dan harganya juga. lengkap dan akurat banget deh infonya. nama aplikasinya Subway Korea dari developer Broong, Inc. ada subway di kota-kota besar Korea kaya Seoul dan Busan. bisa didownload free kok di App Store. buat ke Hyehwa, kita perlu ganti kereta di Seoul Station. kirain masih nempel gitukan jalur interchange nya, ternyata jauh gilee. mana sampe keluar gedung Seoul Station dulu. gempor dah geret-geret koper, tenteng travel bag, sama gendong ransel. mana pas keluar Seoul Station udah kaya dibakar. Seoul pas summer puanas buanget. nggak sepanas pas di Arab sih, tapi lebih panas dari Jakarta!

ehya, ada kejadian bloon jugasih. jadikan abis turun dari airport link nih di Seoul Station. abis ngetap kartu di exit gate, gue dengan sangat oon-nya menghampiri vending machine refund tiket single journey. padahal gue beli tiket itu buat ke Hyehwa. pas ngambil refund, adek gue bilang "kak emang kita turun disini?" "ohiya..." rugi deh alhasil harus beli tiket lagi buat nyambung ke Hyehwa.

turun di Hyehwa Station, kita ngikutin petunjuk yang dikasih hostel di email. was was jugasih pas baca petunjuknya. disuruh belok kanan, cuma bingung belokan yang dimaksud yang ini apa bukan. terus kok jauh ya dari exit Hyehwa. udah jalan agak lama tapi nggak sampe-sampe juga. tapi coba dipaksain, dan akhirnya sampe juga. emang cukup jauh ternyata. makin gempor dah panas terik sambil bawa bawa gembolan. kemudian kita check-in di Backpackers Inside. pas mas-masnya nulis kuitansi, gue mulai curiga pas dia menuliskan kata-kata "Private Double Budget Room". harap ditekankan di BUDGETnya ya. cuma gue positive thinking aja, mungkin maksudnya budget adalah shared bathroom. akhirnya kita dikasih kuncinya dan diarahin ke kamarnya. pas dibuka pintunya, oh benerkan nggak ada bathroomnya. berarti emang budget nih kamarnya. terus berhubung gerah, kita nyalain kipas dulu. terus pas melihat sekeliling, baru sadar: MANA AC-NYA?! astagaaaaa summer di Seoul yang lebih panas dari Jakarta dan pesen kamar yang nggak ada AC-nya. sedih sih rasanya langsung pengen upgrade aja atau ganti ke dorm. biarin dah dorm yang penting ada AC-nya. tapi sayang setelah dicek ternyata hostelnya fully booked sampe beberapa hari mendatang. apesssss.

yaudah deh nikmatin aja. berhubung capek dan butuh tidur, kita mutusin buat istirahat dulu. sorean baru jalan lagi. adek gue langsung tidur, sementara gue sibuk nyusun itinerary buat 6 hari mendatang. and i came up with this itinerary
itinerary

gue mencoba tidur tapi tidak bisa. sementara adek gue tidur dengan cukup pulas. sekitar jam 3-4, gue bangunin dia dan seprenya basah total keringet semua. sepre, bantal, selimut, basah semua karena keringet. akhirnya kita mandi dulu sebelom jalan. setelah semua rapi, barulah kita memulai petualangan di Seoul! sesuai itinerary, tujuan pertama adalah N Seoul Tower. cuma sebelom kesana mau cari makan dulu karena belom makan siang. kita muter-muter deket hostel tapi nggak ada yang srek restorannya (traveler banyak mau)(padahal gara-gara mahal-mahal)(tetep pelit). akhirnya kita jalan aja ke N Seoul Tower dan berharap deket sana ada tempat makan yang srek. sebelom ke Hyehwa Station, kita mampir ke 7-11 buat beli T-Money Card. jadi kartu ini adalah kartu serbaguna yang bisa digunakan buat bayar subway serta belanja di merchant-merchant yang dapat menerima kartu ini sebagai pembayaran. kita beli masing-masing 1. harganya 2.500 won dan bisa ditop-up minimal 1.000 won. kalo pas pulang nanti masih banyak sisa di T-Money-nya, bisa di refund kartunya. gue sih buat koleksi, jadi kalo bisa pas mau pulang nanti saldo di T-Money-nya diusahain sesedikit mungkin.
suasana sekitar hostel. asri banget ya?

dengan bantuan Subway Korea, kita ikutin aja petunjuk yang dikasih. kemudian kita turun di Myeongdong Station. pas keluar stasiun, ada McDonald! alhamduli? lillah. langsung dengan yakinnya masuk kesana karena pengen makan ayam. namun alangkah kecewanya pas kita menemukan kalo disana nggak jual ayam goreng. akhirnya kita beli burger yang isi bulgogi, kentang, sama minum. dengan baca bismillah, akhirnya dimakanlah itu burger. ditengah mengunyah, adek gue nyeletuk "kak bulgogi dari daging sapi kan?" terus gue hmm hmm aja pura-pura nggak denger. daripada dia membuat gue ragu dan jatohnya haram, mending nggak usah dipikirin, yegak? yang penting kan udah doa dan nggak makan yang ada tulisan/gambar pork di menunya. kalo kebanyakan mikir halal/haram, bisa-bisa kagak makan seharian tuh.

kelar makan, kita balik lagi ke arah Myeongdong Station. terus darisitu ngikutin petunjuk buat ke N Seoul Tower. singkat cerita, kita nyasar. kita jalan jaaaauuuuhhhh banget. sampe-sampe kita bukannya lewat jalan khusus pedestrian, malah ngikutin jalan yang buat mobil kalo mau ke parkiran N Seoul Tower. udah bercucuran keringet, kaos udah basah lepek punggungnya. kenapa bisa nyasar? karena pas persimpangan yang deket sebuah hotel, kita belok kiri bukan belok kanan. kenapa kita belok kiri? karena kalo belok kiri keliatan towernya. cuma ternyata itu jalan yang salah. jadilah kita nyasar. untung ada temen nyasar. nggak temen jugasih, jadi awalnya ada couple yang jalan di depan kita dan mereka terlihat bingung. cuma karena mereka jalannya lelet, kita (yang awalnya yakin akan rutenya) membalap mereka. pas nyasar, barudah sama-sama nyaho. cuma karena sama-sama gengsi kaliye, jadi pas nyasar tetep aja kagak ada yang mau mulai sok akrab kaya menertawakan kebodohan masing-masing.

persimpangan yang salah tapi towernya udah nongol

setelah nyasar cukup lama, akhirnya kita sampe di cable car station. karena udah gempor, kita naik cable car aja. orang-orang yang kesana juga lebih nyaranin naik cable car karena kalo jalan kaki emang 15-20 menit aja, tapi jalannya nanjak 1km-an. buat apa hemat tapi berujung kaki patah? (berlebih). masuk ke cable car station, alhamdulillah hawa surga karena ada AC-nya. jadi ngadem dulu sambil antri. 
beli yang roundtrip, 1 adult harganya 8.000 won.

view from cable car

setelah 5 menit naik cable car, nyampe di station N Seoul Tower. ternyata masih ada tangga yang harus dilalui sebelom sampe ke towernya. ampun mbah! pas sampe di atas, kita leyeh-leyeh dulu di pendopo karena saking capeknya. baju udah super lepek. kalo gue sendirian disitu, gue bakal buka baju terus telentang di pendopo itu. sayang aje lagi rame sore itu. jadi cuma kipas-kipas sambil istirahat. handuk kecil harus terus dibawa buat ngelap keringet yah jangan lupa!
N Seoul Tower!

setelah ademan dikit, kita muter-muter liat gembok cinta yang literally everywhere. ada yang dibentuk jadi beberapa pohon, ada yang digantung di pager-pager. buanyaaak banget gemboknya. bahkan bukan cuma gembok yang dipasang. gue nemu casing hp, bahkan nemu bungkus gemboknya. berhubung gue kesana bukan sama pacar, jadinya males juga masang begituan. mahal juga lagian harga gemboknya (tetep pelit).
gembok everywhere

gembok everywhere

gembok everywhere

setelah ngeliatin gembok dan garing, akhirnya kita duduk sambil nungguin sunset. rencananya malem mau ke atas towernya, cuma bodohnya adalah kita nggak ngecek sunset di Seoul jam berapa. waktu itu kita mulai bosen sekitar jam 6. dan jam berapa sunsetnya? hiyak 7.30 sodara-sodara! akhirnya kita duduk aja ngadem di pinggiran sambil ngeliatin orang-orang. terus tiba-tiba sendu kalo ngeliat yang liburannya sekeluarga ada ibu bapak sama anaknya *weeping*
nungguin malem di deket pendopo

menunggu malam

sunset yang biasa aja

setelah sunset, kita antri beli tiket buat naik ke atas. awalnya mau beli tiket ke observation deck sama teddy bear museum, cuma adek gue males ke teddy bear karena katanya nggak jelas buat apaan. jadi gue nurut aja. tiketnya sendiri kita beli 1 adult, 1 youth. alhamdulillah adek gue masih 16 tahun jadi bisa beli yang youth. sebenernya karena ukuran badan gue, bisa aja gue beli 2 tiket youth. cuma mas ngibul sih nanti nggak berkah liburannya. 1 adult harganya 9.000 won, sementara yang youth 7.000 won. abis itu ikutin petunjuknya aja. turun tangga dulu terus baru ngantri buat naik lift ke observation deck. di dalem liftnya pas gerak naik ceritanya kita di space shuttle yang ke luar angkasa. eh lupa deng sebenernya, yang tampilannya gitu tuh pas disini apa di Taipei 101. apa dua-duanya sama gitu ya.

di atas ternyata rame banget dan disana bisa liat pemandangan malem hari kota Seoul yang gemerlapan
night view

night view

kaca-kaca di observation deck N Seoul Tower ditempelin stiker kota-kota besar dunia gitu, dan sebagai orang yang nasionalis, maka saya persembahkan ini:
i'm 5,268.18 km away from home!

setelah muterin observation deck sebanyak 3 kali, kita turun menggunakan lift (yaiyalah). antrinya lumayan panjang dan mengular.
N Seoul Tower malam hari

kemudian setelah lelah kita meninggalkan N Seoul Tower dengan cable car, kemudian jalan kaki. jalan pulangnya ternyata lebih cepet dari berangkatnya. terima kasih kepada unnie yang kita buntutin. untung aja dia ke Myeongdong Station juga, coba kalo udah diikutin ternyata dia mau kemana gitu. masa nyasar lagi udah hampir jam 9 malem. kemudian kita balik ke Hyehwa dan di perjalanan menuju hostel karena kita lapar jadilah mampir ke 7-11 dan mau beli cup noodle. tapi ternyata oh ternyataaa nggak ada tulisan latin di bungkusnya. cuma gambar sama tulisan hangul. dengan memilih yang dirasa paling normal, akhirnya kita ambil yang kita asumsikan sebagai rasa kari karena cupnya bewarna kuning. kita juga beli susu dan kemudian balik ke hostel untuk nyeduh dan tidur. anyway, mie-nya enak dan porsinya banyak! kita tidur dengan kipas angin yang diset maksimum dan tetep kegerahan..

4 comments:

  1. lg blogwalking, eh pas baca ternyata nginep di backpackers inside haha..waktu gw ke seoul jg nginep disitu!
    deket situ ada kok resto enak dan murah dan jd langganan jg kalo uda ga tau makan apa, tp ga bs baca nama restonya apa :D

    ReplyDelete
  2. Halo Ika,

    Saya juga akhirnya pesen disini karena harganya murah dan dapet rekomendasi dari temen. Katanya deket hostel ada resto murah dan enak, tapi dia lupa namanya apa -__-

    Terima kasih sudah mampir ke sini :)

    ReplyDelete
  3. mau Tanya dari shanghai kan ke seoul lebih deket bukan drpd shanghai - Beijing...lagi mo sekalian rencn shanghai-seoul...tau gak ? hehe thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ridha,
      Setelah saya cek peta, ternyata bener jarak dari Shanghai ke Seoul lebih dekat daripada ke Beijing.
      Bisa tuh sepertinya kalau dari Shanghai lanjut ke Seoul, tapi harus diingat berarti butuh visa China dan visa Korea.
      Kebetulan saya sudah ke dua kota itu (Shanghai dan Seoul), tapi nggak digabung dalam satu trip.

      Cerita saya mengenai perjalanan di Shanghai bisa dibaca disini
      http://www.jambukebalik.com/2014/04/jalan-jalan-di-shanghai-dalam-7-jam.html

      Sementara cerita sewaktu liburan di Korea bisa dibaca disini http://www.jambukebalik.com/search/label/South%20Korea

      Semoga bisa membantu dalam membuat rencana perjalanan :D
      Terima kasih sudah main ke blog saya :D

      Delete