Wednesday, June 18, 2014

Merhaba Türkiye : Day 0 - Departure and Layover in Kuala Lumpur

Introduction (part 1)
Introduction (part 2)
Day 0 - Departure and Layover in Kuala Lumpur
Day 1 - Rush in Doha and Turkey Journey Begins
Naik Hot Air Balloon di Cappadocia, Turkey!
Day 2 - Göreme

Kamis, 22 Mei 2014

Daaaan hari yang ditunggu-tunggu tiba juga. Setelah beberes dan taksinya dateng, kita berangkat dari rumah jam setengah 10 berhubung flightnya jam 1 siang. Setelah dadah-dadahan sama Mama dan Eja, kita masuk taksi dan menuju airport. Sekarang di deket rumah udah ada tol yang nyambung ke Tol Bandara, jadi cuma 40 menit udah sampe aja di bandara. Tapi ya tetep aja taksinya abis 100ribu lebih, belom termasuk ongkos tol.

Kita di drop di 2E dan nunggu counter check-innya buka. Setelah buka, kita check-in dan drop bagasi. Kemudian keluar lagi buat makan di HokBen. Kelar makan, imigrasi, solat, dan nungguin boarding. Alhamdulillah semuanya lancar, boarding dan push back juga cukup on time.
Check-in counter
See you Indonesia in 8 days!

Setelah kurang lebih 2 jam penerbangan dengan Malindo Air, akhirnya kita tiba di Kuala Lumpur. Wiiihiiiw airportnya baru nih. Sekarang LCCT udah dipindahin ke klia2, jadi AirAsia dan keluarga, Tigerair, dan Cebu Pacific pindahan ke klia2. Lion Air, Thai Lion Air, dan Malindo Air juga dipindahin dari KLIA ke klia2. Airportnya sendiri buagusss banget, beda deh pokoknya sama LCCT yang lebih mirip terminal bis antarkota.
klia2 udah pake aerobridge!
Foursquare sekarang udah canggih (tapi cuma muncul pas di KL doang)
Waktu itu kita landing dan beres ambil bagasi jam 5 sore. Karena flight ke Doha masih jam 3 pagi, jadi diputuskan untuk ke Petronas Tower. Buat ke kota dari klia2 ada beberapa cara, yakni cara cepat dengan KLIA Ekspress dan cara yang biasa saja dengan bis. Karena KLIA Ekspress mahal (35 Ringgit per orang ~ Rp 120.000), maka kita naik bis saja (10 Ringgit per orang ~ Rp 36.000). Signage di klia2 juga gampang kok, jadi ikutin aja penunjuknya ke pangkalan bis di lantai bawah.
Tiket bis klia2 — KL Sentral
Perjalanan ke kota dengan transportasi umum dari bandara akan sampe di KL Sentral. Karena agak macet dikit pas masuk kota, jadi kita menghabiskan 1 jam lebih sedikit. Sesampainya di KL Sentral, kita nyari loker buat naro 1 tas tenteng dan 1 koper. Karena awalnya males nanya, jadi sempet nyasar. Akhirnya nanya juga dan letak lokernya ada di lantai 1 di pojokan bawah eskalator. Lokernya sendiri ada 3 ukuran — kecil, sedeng, dan gede. Yang kecil 5 Ringgit, yang sedeng 10, dan yang gede 15. Awalnya kita mau yang gede aja, tapi kata penjaganya yang sedeng aja udah cukup. Jadilah kita nurut dan dia yang ngurusin.

Beres dengan urusan loker, kita solat dulu. Untuk menuju musholla di KL Sentral, tinggal ngikutin lorong tempat loker berada. Di jalan itu juga bisa ditemukan tempat mandi di KL Sentral. Harganya 5 Ringgit buat sekali mandi, tapi kamar mandinya tutup jam 9 malem. Setelah solat, saatnya menuju Petronas Tower. Sebenernya gue udah pernah kesini sebelomnya, yakni pas transit dari Seoul ke Taipei. Tapi waktu itu masih pagi. Katanya Petronas ini lebih bagus pas malem-malem. Dari KL Sentral, naik LRT ke KLCC. Awalnya gue mau beli kartu MyRapid, tapi ternyata counternya udah tutup dari jam 5 sore. Gile counter apaan tuh masa tutup jam 5 sore? Keretanya aja tengah malem baru tutup.

Setibanya di KLCC, gue mengikuti jalan yang sama persis dengan waktu sama adek gue dulu. Jadi sekarang nggak pake nyasar. Keluar Suria KLCC, ternyata di luar ujan rintik-rintik. Jadilah ujan-ujanan dikit demi bisa foto dengan latar belakang Petronas di waktu malam. Oh ya gue bingung sebenernya dimana tempat yang bagus buat foto dengan latar belakang Petronas. Agak nggak mungkin soalnya kalo foto di lingkungan Petronas, berhubung Petronas tinggi banget jadi kalo foto disitu cuma ada 2 pilihan hasilnya: Petronasnya keliatan bagian ujung tapi kitanya mungil, atau kitanya yang jelas tapi Petronasnya cuma sepotong. Kalo di Taipei kan ada Elephant Hill buat liat dan foto dengan background Taipei 101 biar hasilnya bagus. Kalo di KL dimana, ya?
Petronas Tower di malam hari
Selesai ujan-ujanan, kita masuk lagi buat cari makan. Setelah muter, akhirnya mutusin buat makan di food court aja dan beli lamb biryani. Setelah mulai makan, gue ngeliatin meja sebelah dan sadar kalo mereka beli teh tarik. Langsung inget kalo gue lagi di KL dan teh tarik di KL kata orang enak-enak. Terus gue balik lagi buat beli teh tarik. Terus pas lagi nungguin bayar, gue liat ke dapurnya dan teh tariknya beneran ditariiiik! Yaa emang cuma 1-2 kali sih nariknya, tapi lebih mending deh daripada teh tarik bubuk. Dan pas diminum teh tariknya enak bangettttt! Manisnya pas sesuai selera gue dan anget-anget gitu jadikan enak minumnya karena abis keujanan.
Lamb Biryani Rice
Best teh tarik (so far)
Kelar makan dan mau balik, pas sampe lantai dasar ngeliatin orang lumayan rame jalan ke luar. Akhirnya diikutin aja dan ternyata ini sisi lain Petronas Tower yang depannya ada dancing fountain yang warna warni. Jadilah foto-foto sebentar disini.
Petronas Tower dari sisi yang lain
Dancing fountain
Selesai foto, baru ke dalem lagi dan ngeliat orang jual official souvenir Petronas Tower. Karena emang lagi dalam misi untuk menuh-menuhin kulkas dengan tempelan dari setiap kota atau negara yang didatengin, jadinya mampir kesana dan beli tempelan kulkas.

Kelar dari Petronas, rencananya mau solat Isya di Masjid Jamek. Sebenernya lebih bagus Masjid Nasional sih, tapi katanya akses kesananya susah kalo nggak naik taksi. Naik LRT lah dari stasiun KLCC ke stasiun Masjid Jamek. Letak masjidnya ada di seberang stasiun. Pas mendekat, terlihat masjidnya masih buka tapi emang udah gelap. Pas udah sampe di depan gerbangnya… pintunya ditutup. Ada orang turis lain yang mau solat juga dan bilang mau solat ke petugasnya tapi nggak dibukain. Kecewa sih masa masjid jam 9 udah tutup.

Karena bingung, akhirnya kita balik aja ke KL Sentral dan solat disana aja. Selesai solat, kita ambil barang-barang di loker dan menuju pangkalan bis di basement untuk menuju KLIA (berhubung Qatar Airways pake KLIA, bukan klia2). Di bawah ada beberapa bis, pas mau beli tiket dipastiin dulu aja mau naik bis ke KLIA atau klia2, karena jarak keduanya yang cukup jauh. Tapi keduanya sudah dihubungkan dengan airport train sih, cukup bayar 2 Ringgit sekali jalan.
Tiket bis KL Sentral - KLIA
Jalanan lancaar banget malem itu, jadi jam 11 lebih dikit udah sampe aja di KLIA. Sementara flight jam 03.30, berarti counter check-in baru buka jam 00.30. Masih ada 90 menit sebelom bisa check-in dan Ayah minta duduk aja. Yaudah gue nurut aja, tapi tiba-tiba dia nyuruh geseran dan mulai menjalankan hobinya: tidur. Ayah demen banget tidur. Nanti di Turki lebih sering lagi tidur, dan tidurnya dimana-mana. Ngorok pula lagi tidurnya :’’) Untung aja orang nggak ada yang melototin.
Ayah yang hobi tidur
Karena baru bisa check-in di jam 00.30, berarti udah masuk ke tanggal 23 Mei 2014. Jadi post-nya udahan sampe sini dulu yaa. Post apaan nih endingnya begini.

Expense Day 0; (2) maksudnya dikali 2 buat 2 orang.