Saturday, June 1, 2013

5 Days, 5 Cities, 5 Flights, 4 Countries: My A380 Experience

Introduction
My A380 Experience
Day 1 - Singapore
Day 2 - Johor Bahru
Day 2 and 3 - Singapore and Kuala Lumpur
Day 3 - Hong Kong
Day 4 - Macau in a Nutshell
Day 4 and 5 - Hong Kong and Sick in Singapore
Itinerary and Expenses

and this trip report kicks off with my own experience riding the biggest passenger plane out there, Airbus A380!

ceritanya waktu itu lagi hunting tiket dari Singapore ke Hong Kong. pas lagi buka skyscanner.co.id, paling atas seperti biasa muncul AirAsia dan TigerAirways dengan kisaran harga 975.000 hingga 1.200.000. pas ditungguin sampe all items loaded, jrengggg muncul Malaysia Airlines dengan harga 1.500.000an. langsung coba book dan dialihin ke website travel agent gitu. pas di web travel agentnya, ada tulisan kalo flight Singapore-KL bakal naik 737-400 dan KL-Hong Kong bakal naik A380. wtf langsung deg-degan bentar agak nggak percaya kalo itu bakal A380. soalnya setau gue A380 Malaysia Airlines baru dipake ke London dan Paris. terus buka airlineroute.net buat nyari berita tentang A380 Malaysia Airlines, dan ternyata beneran! starting May 1st, 2013 A380 will serve Kuala Lumpur - Hong Kong route. because i thought it was a huge deal ($150 for an A380 ride????), i called my dad to get the permission to use his credit card and book the ticket. and long story short (yea, it is a short story. there was some crazy and chaos moments before i finally had the itinerary.), i ended up booked one with www.orbitz.com.

ok. to the journey itself. after i landed at Kuala Lumpur International Airport around 10.15pm, i strolled around the airport looking for a nice place to sleep, maksudnya beberapa kursi yang jadi satu jadi manjang gitu :'') abis nemu, langsung ke counter check-in Malaysia Airlines. siapa tau udah bisa check-in, soalnya flight ke HK jam 9 besok paginya. eh ternyata udah bisa. terus gue minta upper deck dan window seat. terus dia bilang udah penuh, terus gue sedih.

"i booked the ticket through orbitz.com and i managed to reserve a seat there, it is an upper deck seat. here's my itinerary from orbitz."
"let me check that for you"
after for a moment
"oh, okay. one seat in upper deck is reserved under your name, actually. here's your boarding pass. you can check the gate later in the morning."

YEA BABY UPPER DECK PLUS WINDOW SEAT!!!! actually i was more surprised when i board the plane. i'll tell you later.


setelah check-in, gue makan di KFC sambil ngecharge hp dan selanjutnya tidur. terus kebangun jam 5.30am dan cari toilet dan muter-muter lagi. skip skip ke flightnya aja deh. jam 8.30 udah masuk gate, dapet di gate C17. terus pas masuk gate disuruh naik ke atas. ternyata kalo A380 waiting roomnya juga 2 lantai lhooo (norak). apa cuma di KLIA aja ya? jam 9an udah boarding. wihiiiwww my ride for todaaayyy :))


btw gue dapetnya pesawat 9M-MNE, artinya A380 ke-5 yang dimiliki Malaysia Airlines. hufftt coba dapet yang -MNF, itukan 100th A380 delivery wkwkw yaudahsih bersyukur.

karena upperdeck, jadi pas masuk buat ke economy cabin di belakang harus lewat business cabin dulu. ini business cabinnya Malaysia Airlines A380

lalu sampailah di economy cabin yang layoutnya 2-4-2

mulai deh cari-cari dimana 33A itu. ternyata 33A disiniiiiii

BULKHEAD SEAT BABYYYYYY!!!
terus seneng dulu karena udah dapet promo murah naik A380, dapet upperdeck, dapet window seat, eh bulkhead juga! lega banget coy legroom nyaaa :))

tapi norak jugasih dapet bulkhead. that was my first. kalo PTV (personal TV) nya sih udah tau, ada di sela-sela kursi jadi harus diangkat kalo mau dipake. kalo mau take-off dan landing harus di stow. cuma masalah berikutnya datang: where is the usb port? i need that thing to charge my phone. kalo di seat biasa sih ada di sekitar PTV, tapi ini PTV gue kan harus di stow pas taxi, take-off, landing. terus celingak celinguk bentar. terus baru sadar lagi: gimana gue liat fitur tailcam kalo PTV nya harus di stow??? (fitur tail cam atau tail camera adalah gambar/tayangan yang diambil dari buntut pesawat) langsung panic mode, celingak-celinguk lagi, terus gue melihat kursi yang sepertinya kosong. gue udah ide gila banget: selama taxiing dan take-off gue duduk disana buat liat tailcam, pas cruising gue balik buat menikmati window seat. bodo amat. terus gue diri, gue jalan ke arah kursi itu. ternyata.... isinya anak kecil. sialaaaan! dan gue liat economy cabin upperdeck full! bener-bener full tanpa ada yang kosong. akhirnya gue balik ke kursi awal dan pasrah. yaudahlah kalo gabisa ngecharge dan gabisa liat tailcam.... mungkin kapan-kapan bisa naik A380 lagi... (sedih).

gue nanya sama pramugaranya, dimana usb portnya. ternyataaa ada di bawah kursi. langsung deh gue setengah membungkuk dan menemukan usb port itu. pas lirik ke seat sebelah, ternyata ada colokan kaki 3 juga. tapi di seat gue nggak ada. ish diskriminasi nih. yaudahlah ngecharge pake usb gakpapa. jadilah gue colokin dan.... gamau ngecharge. alhasil gue pake usb slot seat sebelah. my seatmate was an old man yang cuek bener, baca koran mulu kerjaannya. bahkan dia gakpake PTV sama sekali. eh... jangan-jangan dia gatau PTV nya dia dimana wkwkkw (rese).

masalah ngecharge selesai. terus tailcam bijimane iniiii? yaudahlah pasrah. eh ternyata pas taxiing, tv di depan (yang nemplok di tembok) otomatis nampilin tailcam! WUIHIIIIIWWWW!!! norak level 10000. langsung deh gue foto foto dan pas take off gue bikin videonya :'''') maapin kenorakan ini.




ohya sebelomnya, dikasih headset gitu buat make PTV nya. pas udah take off dan mau make PTV nya...... gatau harus dicolokin dimana.... kalo waktu Garuda kan ada di kanan kursi (gue juga tau ini setelah merhatiin orang sekitar dulu wkwkwk) yaAllah.... norak bener gue ini....  alhasil karena udah ngeluarin PTV dan udah jelas gabisa nonton film karena gatau harus dicolok dimana, jadilah gue main pacman..... tapi terus pas dikasih welcome drink (milih antara apple/orange juice) gue (lagi) nanya sama pramugaranya, dimana nyolokin headsetnya. ternyata ada di depan pegangan kursi. langsung deh colok dan mulai cari film hehehe. akhirnya gue nonton Zero Dark Thirty. terus bingung dan pusing nonton si Zero dan akhirnya milih The Big Bang Theory.


jrengggg meal service dimulai!

pilihannya di flight pagi itu adalah nasi lemak atau sweet sour chicken. seperti pas mau ke Bangkok, gue pilih nasi aja karena gatau kapan lagi bakal makan nasi. terus pas udah dikasih mealnya baru sadar kalo nasi lemak isinya ikan teri.... i've had nasi lemak while in Singapore before leaving for Kuala Lumpur. pfff yaudah deh makan aja. si bapak di sebelah gue makan sweet sour chicken dan kayaknya enak.


terpaksa dipinggirin daripada menuh-menuhin (alay)

mahal kalo beli di Circle K (kampung)(medit)(i love gratisan)

langsung dah sikat habis sampe bersih semuanya (kecuali udang dari nasi lemaknya). terus dikasih ice cream juga.
hufff coba dikasihnya Häagen-Dazs (ngelunjak).

si tv yang nemplok di tembok kalo lagi cruising nanyangin map gitu jadi nunjukin lagi dimana

terus pengen buang air, jadi saatnya kunjungan ke toilet. terus mayan kaget karena di toilet ekonomi tapi ada botol botol kaya after shave, lotion, cologne, dkk. emangsih self-branded, tapi tetep ajeee.

terus sisanya sama aja kaya toilet biasa di pesawat yang pernah gue naikin, kecuali... washtafelnya.

pake sensor!!! wkwkwkwk udah kaya di mall ajeee. bahkan mall di Jakarta kagak ada washtafel yang pake sensor (eh ada nggaksih?)


terus balik lagi ke kursi, mau mencoba nonton tapi males dan ngantuk. mending tidurrrr hari ini bakal muter-muter Hong Kong dengan jadwal yang padetttt soalnya. btw ini kan day-flight yak, terus dikasih selimut sama bantal masaa (norak) jadi makin pules deh tidurnya.
selonjoran tiada batas (gara-gara kaki pendek)(sedih)(tapi beneran lega)

pas bangun ternyata udah mau sampe Hong Kong. pilotnya bilang karena airportnya rame jadi disuruh holding pattern selama kurang lebih 10 menit, jadilah pesawatnya muter-muter di langit.

setelah dikasih izin buat landing, mulai deh si layar yang nemplok itu nayangin tailcam lagiii.


sumpah cinta bener sama tailcam ini!!

dan akhirnya mendarat di Chek Lap Kok Airport a.k.a. Hong Kong International Airport setelah terbang 3.5 jam-an, dan alhamdulillah my phone was fully charged. terus deplaning lewat business class lagi, terus turun naik tangga (yaiyalah)



terus langsung sedikit berlari ke train buat ke imigrasi soalnya gamau ngantri lama-lama. ternyata siang itu imigrasinya masih biasa aja antriannya. terus imigrasi Hong Kong nggak pake stempel, jadi dikasih kertas yang diprint gitu terus distraples sama mas-masnya. wihiiiw.

kelar imigrasi, ke arrival hall, lalu cari petunjuk buat ke kota. and the journey in Hong Kong begins!

kudos to Malaysia Airlines for the great plane, great service, and great fare! and A380 is an awesome plane! can't wait to get onboard again soon!! (i don't know how long the "soon" gonna be...)

WHOAA THIS IS THE 400TH POST!

3 comments:

  1. hi, refky. saya mau tanya. ini pertama kali nya saya ke luar negeri dan pesen tiket lewat orbitz. kakak saya parno dan ga yakin kalau e-ticket dan itinerary kami cukup utk meloloskan kami di bandara.
    apalagi pas dia mau manage booking di qatar airways pakai e-ticket nya ga bisa. dibilang no found.
    apa aja sih yang perlu dilakuin setelah pesandi orbitz.com?
    makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Fanny,
      Saya udah 3x pengalaman dengan Orbitz dan itu aman kok. Pengalaman saya itu dengan Malaysia Airlines, KLM, dan Turkish Airlines. Kalo KLM dan Turkish, kode yang dikasih Orbitz bisa dicek di web masing-masing. Tapi kalo Malaysia Airlines nggak bisa, dan pihak Malaysia Airlines juga bilang gitu.

      Saran saya kamu tanya ke pihak Qatar Airways (telepon mereka aja, mereka punya kantor kok di Jakarta) dan minta kode reservasi yang bisa dibuka di web Qatar Airways. Saya punya pengalaman serupa dengan Etihad Airways, tapi belinya bukan di Orbitz dan kode yang didapet nggak bisa dibuka di webnya. Setelah tanya ke pihak Etihad, dikasih kode 6 karakter lain dan voila saya bisa akses reservasinya di web Etihad.

      Semoga berhasil ya!

      Delete
    2. Eh ya, anyway waktu itu saya dan KLM waktu check-in nggak pake ngeprint email dari Orbitz bahkan. Jadi kasih aja HP-nya ke petugas check-in, dan lancar-lancar aja :))

      Delete