Wednesday, June 5, 2013

5 Days, 5 Cities, 5 Flights, 4 Countries: Day 2 - Johor Bahru

Introduction
My A380 Experience
Day 1 - Singapore
Day 2 - Johor Bahru
Day 2 and 3 - Singapore and Kuala Lumpur
Day 3 - Hong Kong
Day 4 - Macau in a Nutshell
Day 4 and 5 - Hong Kong and Sick in Singapore
Itinerary and Expenses

setelah semalem memutuskan bahwa paginya bakal ke Johor Bahru, jadilah gue bangun jam 6 dan langsung mandi. kelar mandi, gue beberes di dalam kegelapan kamar. gelap buangetttt. gue mau nyalain lampu tapi kagak enak. orang gue udah grasak-grusuk berisik bunyi kresek aja udah ngerasa ganggu. akhirnya terpaksalah ngeraba-raba barang-barang gue. bener-bener gelap banget, bahkan gue gakbisa liat telapak tangan sendiri di depan muka. cuma akhirnya setelah sukses ngerapihin semua barang dan alhamdulillah roommate lain nggak ada yang kebangun, gue keluar kamar dan ke receptionist. dan ternyata.... nggak ada orang. terus gue panik dong, gue gakmau kesiangan takut balik ke Singaporenya nanti kesorean. cuma ini gimane barang-barang gue dan check-outnyaa? kalo gue bawa semua barang dan belom check-out, nanti takut ngelewatin check-out timenya yang jam 12pm dan disuruh bayar lagi. akhirnya gusar beberapa menit dan alhamdulillah datenglah mbak receptionistnya!! langsung deh check-out dan titip barang. alhamdulillah gratis, malah dikasih duit SGD 15 sama mbaknya. katanya buat jajan selama di Johor Bahru nanti. boong deng, itu SGD 15 duit deposit yang dibalikin pas check-out. hiyaakk jadilah perjalanan ke Johor Bahru dimulai!

berdasarkan hasil googling semalem, ternyata banyak bis dari Singapore ke Johor Bahru. cuma katanya disaranin naik yang express bus. lokasi terminalnya juga ada beberapa di Singapore. cuma akhirnya gue ngambil yang di MRT Kranji karena... gatau karena apa. jadilah gue naik MRT dari Chinatown ke Kranji. sepanjang perjalanan, gue baru sadar ternyata matahari di Singapore lebih mager daripada matahari di Bangkok. di Bangkok gue takjub matahari baru nongol jam 6.40an, eh ternyata di Singapore baru nongol jam 7.15an. pffttt

setelah perjalanan yang cukup lama (jauh bro Chinatown-Kranji!), akhirnya nyampe di MRT Kranji dan gue berjalan mengikuti petunjuk yang ada. alhamdulillah nggakpake nyasar dan langsung masuk antrian. dan alhamdulillah juga langsung ada bisnya yang express ke Johor Bahru. ada beberapa bis dari Singapore ke JB, antara lain Causeway Link dan SMRT Bus yang nomer 170 dan 160 dan lainnya. tapi pagi itu gue ambil yang Causeway Link nomer CW1 karena bis itu yang ada pas gue dateng. jadi gapake nunggu. dan gue menemukan bahwa CW1 paling murah. dari Kranji ke Larkin (final stop terminal di Johor Bahru) hanya seharga SGD 1.3, sementara CW2 seharga SGD 2.4. ohya, bayarnya pake uang pas ya. alhamdulillah gue ada uang pas, jadilah langsung ditaro di box uang deket supir, terus dikasih tiket sama dia.


duduk manis, dan jalan bisnya. setelah beberapa menit, sampailah di Woodlands Checkpoint. jadi ini imigrasinya Singapore. berhubung gue mau ke Malaysia, jadi harus keluar dulu lewat imigrasi Singapore. nanti jalan lagi naik bis, ke imigrasi Malaysia. baru deh bisa secara resmi masuk Malaysia.

naah, ini nih yang harus diperhatiin. gue agak kaget dan mayan shock, soalnya nggak baca ada kaya begini di blog orang pas googling semalem. jadiii, kalo naik bis, pas turun, semua barang dibawa. terus kita keluar bis dan masuk imigrasi. kenapa semua barang dibawa? karena bisnya kagak nungguin kita. jadi dia bakal jalan terus. lha terus kitanya bijimaning? kitanya nunggu bis lain yang serupa. tapi tenang, kalo tujuan di tiket kita bukan berhenti di Woodlands, nanti tinggal tunjukin ke petugasnya, dan bisa naik bis tanpa bayar lagi.

imigrasi Singapore cepet dan gapake ngantri. selesai imigrasi, turun ke terminal, terus nungguin bisnya. karena gue kagak tau perihal mengenai bis yang kagak nungguin itu, makanya gue bengong kenapa orang-orang sibuk lari-larian. tapi di Singapore gue masih beruntung karena yang ngantri bis ternyata banyak. jadi gue masih berasa aman. nah, nanti nih di imigrasi Malaysia yang sialan. gue rasanya pengen balik aja ke Singapore.

jadilah gue ngantri sesuai di barisan bis gue, CW1. terus kalo yang dateng bis CW2 atau CW5, naik aja. gaktau sih sebenernya, tapi pas waktu itu gue yang dateng CW5 tapi disuruh naik sama petugasnya. mungkin dia liat tujuan gue ke Larkin, dan semua bis dari Woodlands pasti ke imigrasi Malaysia dulu. jadilah disuruh naik aja. kemudian masuklah gue dan jalanlah bis itu ke imigrasi Malaysia. sama seperti di Woodlands, di CIQ (nama imigrasi Malaysia) juga memberlakukan hal yang sama dimana bis kagak nungguin. jadilah gue berlari ke imigrasi Malaysia, dan ngantri. ohya, masuk Malaysia nggakperlu ngisi kartu imigrasi yaaa. jadi disana jangan nyariin karena nggakbakal ada. selesai imigrasi, gue berjalan lurus saja dan menunggu bis yang bakal nganterin gue ke Larkin. dari Larkin nanti rencananya gue naik bis Causeway Link LM1 ke Legoland Malaysia. namun, berbeda dengan di Woodlands, di CIQ ini gue ngantri sendirian di line CW1. terus nungguin, terus kagak dateng-dateng lama beneeeerrrr. terus liat sekitar, ada CW5. cuma sekarang gue kagak bisa naik itu karena rutenya dia beda, gaktau kemana. terus gue mulai pusing dan mondar-mandir. darisini gue udah ketawa-tawa aja menyesali kenapa gue pengen ke Legoland. pengen browsing tapi kagak bisa berhubung di CIQ udah gabisa nangkep sinyal M1-nya Singapore. huffttt sedih.
kosong....

setelah hopeless 15-20 menit dan mondar-mandir, gue baru sadar kalo LM1 (bis yang ke Legoland) memulai perjalanannya dari JB Sentral. darisana baru ke Larkin. jadilah gue nanya ke orang, dimana JB Sentral itu. ternyata oh ternyataaa, JB Sentral deket banget dari CIQ. jadi keluar imigrasi, jangan lurus aja. perhatiin plang yang belok kiri. nah, ikutin deh tuh. nanti nyampe di JB Sentral. dari JB Sentral nanti nunggu di platform 1 (paling ujung), karena bis LM1 yang ke Legoland parkirnya disana. jadi buat kalian yang mau ke Legoland, beli tiket dari Singaporenya yang ke JB Sentral aja yak. bisa hemat 3 sen SGD (pelit). jadi kalo rutenya Kranji-Larkin SGD 1.3, rute Kranji-JB Custom (atau JB Sentral) biayanya SGD 1.


karena udah capek, akhirnya masuk bis dan ketiduran. ternyata perjalanannya lumayan jauh ke Legoland. rutenya LM1 itu JB Sentral - Larkin - Hello Kitty Town - Legoland - G...lupa apa diujungnya. biayanya 4.5 ringgit. lagi-lagi, bayarnya pake uang pas yaaa. karena gue nggak ada uang pas terpaksa gue bayar lebih sebesar 4.6 ringgit (padahal cuma lebih 0.1 ringgit wkwkwk). setelah cukup lama, mungkin 45 menit-1 jam, nyampe di Legoland. daerah sekitar Legoland sepiiiiiiiii banget. dan Legolandnya sendiri puanaaasssss banget. belom banyak pohon jadi terik banget. kalo mau niat main kesini, bawa topi/payung yaaakk! setelah nyampe, jadilah gue menunaikan tujuan utama gue kesana, buat main di Legoland. ahem, foto di depan gerbang Legoland maksudnya. selesai foto, akhirnya mau pulang. udah gitu doang ke Johor Bahrunya.


misi selesai

perjalanan pulang ini juga nggak kalah bikin pengen nangisnya. kenapa? gue gatau gimana pulangnya. gue tau sih, harus naik LM1 lagi, cuma gue gatau harus nunggu dimana, dan orang yang gue tanya juga nggaktau. 2 orang pertama yang gue tanya, penjaga convenience store dan satpam, menyebabkan gue terlihat hilang dan sendirian dan menyedihkan di Johor Bahru. jadi gue disuruh nunggu di halte pinggir jalan gitu, sendirian, dengan kondisi jalan sepi dan mobil jarang lewat. kondisinya kurang lebih sama kaya pas Mr. Bean mau hitchhike pas mau balik ngejar bola golfnya. tau nggak? kalo nggaktau coba dicari di youtube.

cuma karena gue gatau harus kemana, jadi nurutin aja. disana gue makan burger KFC yang sempet gue beli di JB Sentral. pas udah makan setengah, gue males banget dan mulai gusar karena bis kagak dateng-dateng. akhirnya baliklah gue ke Legoland lagi dan memutuskan untuk ke tempat gue turun bis pas dateng. alhamdulillahnya disana gue ketemu orang yang ternyata visitor guide gitu. jadi dia kaya lebih ngerti tentang Legoland dan sekitarnya. pas gue tanya gimana cara ke Legoland, katanya tunggu disini aja, nanti ada bis yang langsung kesana. terus pas gue tanya berapa lama lagi nunggunya, dia ngeluarin iPad mini dan ngeliat jadwal bisnya. huwoow ternyata bis ini ada jadwalnya. katanya 20-25 menit lagi. yaudah deh gue duduk di sekitar situ sambil ngabisin KFCnya.

setelah 20 menit, ada bis dateng dan si guide itu bilang "that's your bus. you can take it to JB Sentral." alhamdulillah bisa pulang..... alhasil gue tidur lagi dan bangun-bangun udah nyampe di Larkin. terus tidur lagi sebentar, dan akhirnya nyampe di CIQ. masuk dan kemudian keluar imigrasi Malaysia, terus turun lagi ke tempat nunggu bis. alhamdulillah sekarang rame jadi nggakperlu takut lagi. bayar 1 ringgit buat tujuan ke Kranji, akhirnya masuk bis dan jalan. kemudian sampe di Woodlands dan masuk imigrasi. jangan lupa cari kartu imigrasi Singapore buat diisi dan diserahin ke petugasnya. selesai imigrasi, turun lagi ke tempat nunggu bis dan alhamdulillah rame lagi antriannya dan lagi-lagi nggakperlu parno kaya pas berangkatnya. pas bisnya dateng, kasih unjuk tiketnya, dan duduk manis. nggak duduk manis deng, bisnya penuh jadi harus pegel berdiri. pffffttt. setelah 10-15 menit, akhirnya sampai di MRT Kranji dan selesailah side trip ke Legoland Malaysia yang terletak di Johor Bahru! yeaaaa

btw gue kagum sama teraturnya kendaraan di perjalanan antara CIQ dan Woodlands. jadi di jalannya tuh ada 3 jalur gitu. 2 kiri buat mobil dan 1 buat bis. padahal jalananan mobil tuh muaceeetttt banget. setengah perjalanan CIQ-Woodlands tuh antrian mobil semua. cuma gue salutnya nggak ada yang masuk ke jalur bis. padahal bis nya kagak ada yang lewat sama sekali dan itu nggak ada pembates jalannya. gue kagum soalnya pas di Jakarta, orang-orang tetep lewat jalur transjakarta padahal ada gundukan jalan gitu di antara jalurnya. dan macetnya yang di CIQ-Woodlands itu jauuuuh lebih panjang dari yang di Jakarta. ayodong yang berwenang atau yang nanti mau terjun dibegitu-gituan, diurusin. karena gue nggak tertarik sama sekali ngurusin begituan wkwk. gue cukup sadar diri aja buat nggak ngelewatin jalur transjakarta.

7 comments:

  1. Pendaki Bukit DuriJune 6, 2013 at 10:21 AM

    Ini Kak Eky anak kos kesayangannya Nenek Husein ya? Dapet salam kak hehe katanya nenek kangen. Sukses selalu :)

    ReplyDelete
  2. huwaaaaa ini siapa ya? hahahaha anak kesayangan... alhamdulillah kalo nenek masih ingett :') salam balik ya bilangiin. nanti insyaAllah akhir Juni main ke Bukit Duri. makasih banyak juga ya udah nyampein salamnyaaa :)

    ReplyDelete
  3. Pendaki Bukit DuriJune 6, 2013 at 2:54 PM

    Saya 8 2013 yang nempatin kamar kakak haha. Ya nanti disampaikan deh. Bukan masih inget lagi, cerita tentang kakak mulu tiap hari loh. Keren-keren ceritanya hahaha.

    ReplyDelete
  4. hahahaha kok lucu ya bacanya dan jadi bener-bener pengen ketemu nenek. 8 2013? udah lulus dong berarti? wiii selamat selamat :)) btw gue pernah ke kosan dan kayaknya tau yang nempatin kamar gue siapa hehe. anak aksel bukan? sorry kalo sotoy....

    ReplyDelete
  5. Pendaki Bukit DuriJune 7, 2013 at 5:07 AM

    Yaa sudah lulus, terima kasih. Haha makasih lagi sudah di-confirm di facebook.

    ReplyDelete
  6. Wah saya juga minat ke legoland cm buat foto di depannya doang.tp berhubung bakal kesana sndirian,enaknya naik apa yg murah?saya pgnnya dateng sepagi2 nya dr singapur dan.pulang dr legolandnya abis foto jg sepagi2nya dr johor.mau ngejar jam 1 siang di universal studio
    Sempat gak ya..

    Mhn dijawab..makasih bnyk

    ReplyDelete
  7. rute yang saya gunakan kemarin sudah termasuk yang murah kok, bayar MRT sampai ke MRT Kranji, sambung SGD1 buat bayar tiket ke Johor Bahru Sentral, terus 4.5 Ringgit buat JB Sentral - Legoland. Baliknya, 4.5 Ringgit buat Legoland-JB Sentral, dan 1 RInggit buat JB Sentral - MRT Kranji. totalnya 1 Singapore Dollar + 10 Ringgit.

    masalah waktu, bisa banget kok jam 1 di Universal Studio. waktu itu saya sekitar jam 1 udah sampe di Marina Bay Sands. diperhatiin aja jadwal bis LM1 yang dari Legoland-nya, waktu itu saya dapet yang jam 11 kurang. kalo mbak bisa lebih cepet, berarti bisa sampe USS sekitar jam 12.

    anyway, terima kasih sudah mampir kesini :)

    ReplyDelete