Thursday, July 18, 2013

5 Days, 5 Cities, 5 Flights, 4 Countries: Day 3 - Hong Kong

Introduction
My A380 Experience
Day 1 - Singapore
Day 2 - Johor Bahru
Day 2 and 3 - Singapore and Kuala Lumpur
Day 3 - Hong Kong
Day 4 - Macau in a Nutshell
Day 4 and 5 - Hong Kong and Sick in Singapore
Itinerary and Expenses

yuk mari kita lanjutkan ceritanya! gue udah bertekad petualangan Singapore-Malaysia-Hong Kong-Macau kemaren harus udah kelar di post sebelom trip berikutnya mulai. sooo here we go!

Senin, 27 Mei 2013
setelah terbang selama hampir 4 jam dari Kuala Lumpur menggunakan A380 yang sangat caem itu, maka tibalah gue di Chek Lap Kok Airport atau lebih dikenal dengan Hong Kong International Airport. pesawatnya telat beberapa menit due to congestion in the air. begitu keluar dari pesawat sekitar jam 13.30 LT (local time, GMT+8), gue jalan agak buru-buru karena menargetkan jam 3 udah harus check-in di guest house. jadilah jalan mengikuti petunjuk menuju imigrasi, dan harus naik train kaya di Changi dan KLIA. alhamdulillahnya, imigrasi HKG siang itu masih masuk akal. padahal HKIA itu sibuknya bukan main. maju ke petugas, kasih paspor, cekrek. iye, bunyinya cekrek, soalnya di paspor bukan dikasih stempel tapi kertas gitu. kemudian jalan lagi menyusuri airport yang gede dan megah itu mencari petunjuk ke Airport Express. saking buru-burunya, gue gak sempet foto-foto airportnya karena nggak kepikiran.
di dalem kereta antarterminal-nya

immigration card

arrival schedule yang rameknyoooo

setelah mengikuti petunjuk, tibalah di tempat beli tiket Airport Express. jadi ada beberapa cara menuju downtown Hong Kong dari Airport. buat yang budgetnya minim dan punya banyak waktu, bisa naik bis. kalo tujuannya daerah Kowloon, bisa naik bis A21 dengan durasi sekitar 1 jam dengan harga HKD33. cuma berhubung waktu itu gue banyak duit buru-buru, jadilah gue naik Airport Express. ini bentuknya kereta cepet gitu, cuma berhenti di 3 station. pertama di Tsing Yi, kedua di Kowloon, ketiga di Central. harganya beda-beda, cuma gue lupa. kalo gaksalah sih HKD 60, 90, sama 100. berdasarkan iklannya, kalo naik ini bisa "to city in less than 30 minutes". okelah jadi beli tiketnya

Eky: mas, beli tiketnya ke Kowloon, 1
Mas-mas: totalnya HKD90. nggak beli round trip?
E: kalo round trip totalnya berapa?
M: jadi HKD 160
E: eh boleh deh ambil yang round trip aja
*mikir 10 detik*
E: eh mas nggak jadi, ambil yang one-way aja hehe *nyengir*
*digetok masnya*


selesai beli tiket, jalan ke stasiun Airport Expressnya. disana gue beli Octopus Card. bayarnya HKD 150, rinciannya 50 buat deposit, dan 100 buat jalan-jalan. terus karena takut kurang, akhirnya gue nambah 100 lagi. dan pada akhir trip ini malah nyesel soalnya balancenya masih banyak cuma sayang kalo refund nanti gakbisa dibawa pulang octopus cardnya :( masih ada HKD80-100an deh kalo nggak salah sisanya.

nunggu 2-3 menit, datenglah si kereta dan duduk manis lah gue. adem, bersih, rapi, cozy (??), dan sepi keretanya. ini suasana keretanya





itu ada progress bar lokasi keretanya

beberapa menit sebelom nyampe Kowloon, gue baru ngeliat kaca keretanya kalo di dalemnya ada free wifi. baru connect bentar, eh udah nyampe Kowloon aje keretanya.

buat pengguna Airport Express, setelah nyampe di tujuannya, ada free shuttle menuju penginapan masing-masing. ikutin aja petunjuk menuju shuttlenya. kalo di Kowloon sih... lupa. turun dulu pake lift pokoknya. disitu, nanti ada K1 sampe K5 (apa K7 ya?) dan itu dibagi berdasarkan area. terus drop-off spotsnya itu hotel-hotel ternama. jadi kalo emang nginep di salah satu hotel itu, ya sukur bisa langsung nentuin harus naik shuttle yang K berapa. kalo kaya gue, terpaksa buka google maps dulu liat guesthousenya deket sama hotel apa. buat yang hostelnya di Mirador Mansion, ambil K3 dan nanti turun di Holiday Inn yaa!


ini salah satu jenis shuttlenya

ini shuttle K3
ini kursinya

nunggu shuttlenya lumayan lama, cuma ya namanya gratisan jangan banyak protes! pas mulai jalan, si supir jalannya ngebut gasante sampe ngepot-ngepot. turis lainnya pada ketawa tawa dan pada pegangan semua. sekitar jam 14.45, gue sampe di Holiday Inn dan langsung melengos menuju Mirador Mansion, karena guesthouse gue disana. gue nginep di Cosmic Guest House. letaknya di lantai 12 Mirador Mansion. suasanya Mirador Mansion sendiri rame gitu kaya ITC. proses check-in cepet aja. kasih paspor, dapet kunci. payment udah dari pas di Indonesia. nyampe kamar, ketawa dulu ngeliatin kondisi kamarnya. drop barang, ambil itinerary yang seperti ini
2 Days Itinerary Hong Kong - Macau

lalu pergilah kita menuju destinasi pertama: APPLE STORE CAUSEWAY BAY!

buat itinerary selama di Hong Kong ini, udah dipersiapkan dengan sangat matang. terima kasih untuk website mtr.co.hk yang sudah sangat membantu dalam mempersiapkan sisi transportasi, terutama masalah "kalo dari sini kesini, naiknya MTR yang mana", biayanya, dan estimasi waktunya. ngomong-ngomong, MTR ini semacam MRT di Singapore. mirip sih, cuma kalo di Hong Kong namanya MTR ya bukan MRT, hihi. cuma ya semateng-matengnya rencana, ada aja yang kelupaan. seusai turun di MTR Causeway Bay, masalahnya adalah: DIMANA LOKASI APPLE STORENYA?! dengan roaming XL yang berulah rese, jadilah gue jalan entah kemana ngikutin orang aja sambil berharap direction dari Maps di hp cepet muncul. pas jalan kesana kemari, tiba-tiba belok dan, GOTCHA! APPLE STORE! pengalaman pertama ke Apple Store nih... norak....

langsunglah gue masuk dan muter-muter ngelilingin tokonya. ada beberapa lantai. lantai yang isinya minta dicolong aka semua product Apple, lantai yang isinya tempat consult, dan 1 lagi lupa. ini suasana Apple Store Causeway Bay








karena muka gue berminyak gara-gara capek nyari jalan dan terlihat dekil dan juga terlihat rempong karena gembol gembol tas SLR, jadilah daripada dikira mau nyuri barang, gue keluarin iPhone biar kagak diliatin. jadilah gue sok-sok main iPhone padahal gatau apa yang dibuka haha. terus nyoba megang iPhone 5, iPad Mini (yang sampe sekarang belom dijual secara resmi di Indonesia), iPod Touch 5th gen, iMac, dll. asyik deyh norak norak gicuuhh. oh ya, yang gue suka dari Apple Store ini (dan semua toko secara umum) adalah mas-mas dan mbaknya (kalo di Apple Store namanya Genius bukansih?) nggak rese ngintilin pengunjung. jadi dia diem aja di tempatnya, dan kalo dipanggil baru nyamperin. jadi gue norak main iDevices juga nggak malu-malu amat.

karena nggak ada yang dibeli, jadilah abis ngalay gue melanjutkan ke tujuan berikutnya. cari Uniqlo. sebenernya nggak ada di itinerary sih, cuma masih ada waktu jadinya mau nyari hoodie yang waktu itu nemu di Bangkok cuma gakjadi dibeli karena udah beli sweater sama jumper. dan, nyari Uniqlo-nya bikin naik darah. terimakasih buat XL yang internetnya lelet parah!!! gue literally mondar-mandir di suatu junction karena GPS yang telat ngelock posisi gue jadinya harus maju mundur buat nentuin harus belok kanan atau kiri. pas udah mau pasrah, eh ketemu Uniqlonya. storenya beda sama yang di Bangkok, ini gedung sendiri gitu. tapi yeee udah gedung sendiri, sucks collectionnya. kagak ada yang gue cari. gue naik turun 2-3x buat nyari-nyari itu hoodie tapi kagak nemu. nanya ke spg-nya juga kata dia gak ada. pffttt nyapek-nyapekin aje.
setelah sedih karena pegel tak menghasilkan apa-apa, gue melanjutkan ke destinasi berikutnya. naik MTR dari Causeway Bay ke Central, gue menuju ifc mall buat ini

APPLE STORE ifc mall!!!!

yang dilakukan adalah sama dengan tadi, yakni muter-muter dan ngalay mainin iDevices. ini suasana di Apple Store ifc mall







dan alhamdulillah selesai sudah tujuan utama ke Hong Kong ini wkwkw canda! tapi seneng masa bisa liat Apple Store.. ayolah bikin di Indonesia, biar Singapore, Malaysia, dan Thailand panas karena Apple Store duluan di Indonesia. sebenernya ada 3 Apple Store di Hong Kong. cuma yang 1 bentuknya standar dalem toko gitu dan lokasinya agak jauh, jadi gak sempet buat kesana. kunjungan ke Hong Kong berikutnya, janji deh bakal kesana! *segitunya* *berlebih*

btw, ternyata kunjungan ke Apple Store ifc mall berbuah manis. turned out that toko tas titipan mama ada disana dan... drumrolls.... DISKON 30 PERSEN! *joget-joget di ifc mall* seperti yang sudah diduga, barangnya sama aja kaya yang di Singapore. gapake mikir lama, langsung deh bungkus. kelar belanja, gue balik ke guesthouse dulu abis malu kalo nenteng kantong belanja gede bener.

nyampe GH, mandi bentaran, dan lagi-lagi ketawa di kamar mandi ngeliat kondisinya. kenapa? i'll tell you later on this post. kelar mandi sekitar jam 6, dan karena Symphony of Light mulai jam 8, jadilah gue ke Ladies Market buat cari oleh-oleh seadanya. naik MTR, turun di station Mong Kok. eh nyasarnya ke Langham Palace dulu. eh ada H&M. beliin buat mama udah, jadi disini beli buat ayah sama adek. ngantrinya panjang brooooooo. panjang banget. padahal lagi gak diskon-diskon amat. pas lagi ngantri sebenernya gue melihat sesuatu yang terbilang murah cuma kalo gue ambil sekarang bisa-bisa ketinggalan Symphony of Light. jadilah gue bertekad besok bakal balik lagi *mengepalkan tangan* kelar dari Langham, nyari lokasi Ladies Market. dan lagi-lagi muter dan sedikit nyasar. cuma akhirnya ketemu, dan mulai gerimis. kampredh. jadilah buru-buru banget nyarinya dan males nawar. beli gakpake nawar dan muahal jatohnya. sialan. ngomong-ngomong, gue ketemu 2 ibu-ibu indonesia disini. mereka lagi milih-milih magnet kulkas, terus gue samperin dan ngajak ngomong bahasa indonesia

E: ini berapaan bu?
I: (sebut harga, lupa berapa) kamu mau juga? kita bareng aja kalo mau

terus didatengin sama yang jaga toko

I: hey, hey, discount, discount, i buy a lot. here's my friend. *sambil nunjuk gue terus ngomong bahasa indonesia "kamu siapa namanya?"*
E: eky, bu
Penjaga: laaa you friend but you ask his name

haha dia ngerti. karena mahal, gue akhirnya pergi. abis dari Ladies Market, cabut langsung ke Avenue of Stars buat nonton Symphony of Light. Symphony of Light itu pertunjukan khas-nya Hong Kong. jadi di pinggir sungai (???) kan banyak gedung-gedung tuh. ada gedung yang di Hong Kong Island, ada yang di sisi Kowloon. nah itu pada mainin lampu mereka gitu dan ada yang mancar-mancarin cahaya juga. dan ada musiknya. durasinya cuma 15 menit, dan rutin tiap hari ada. kecuali ada sesuatu yang urgent, jadi bisa dibatalin shownya. kalo mau dapet view bagus, datengnya agak lebih awal aja soalnya tempatnya penuh. gue kecil jadi bisa nyelip nyelip dikit hihi.






selesai pertunjukannya, gue menyusuri Avenue of Stars. ini semacam di Hollywood gitulah ada cap telapak artis-artis Hong Kong kaya Bruce Lee, Jet Li, dan lain-lain.



kemudian gue menuju ke Star Ferry Terminal untuk nyobain ferry buat nyebrang ke Hong Kong Island dengan tujuan berikutnya mau ke The Peak. dengan biaya.. lupa, yang jelas murah, gue bisa naik ferry. duduk manis, menikmati ferry nyebrang dan memandangi city line Hong Kong yang warna warni dari lampu gedung gedung. terus gue demen banget sama ifc tower yang gedung paling tinggi di HK (bener gaksih?). waktunya sendiri gak lama, paling 5-10 menit udah kelar nyebrangnya.


ifc tower yang menjulang

sebenernya gue udah menjadwalkan buat ke The Peak buat memandangi kota Hong Kong dari ketinggian. cuma pas gue otw kesana, jalanan Hong Kong udah sepiiiiiiiiii banget. seriusan deh, station MTR udah sepiiii, terus ngelewatin taman gitu sepi juga, mana gelap. padahal baru jam 9.15an waktu itu. karena gue ngeri sendiri dan takut gabisa pulang kalo dipaksain ke The Peak, akhirnya gue memutuskan buat pulang aja. sedih sih sebenernya, salah satu plan di itinerary nggak kesampean. cuma ya mau diapain, abis sempit banget waktunya huhuhu. The Peak, semoga gue bisa secepatnya menginjakkan kaki di lo ya..... aamiin.

dalam perjalanan balik ke MTR, dapet foto ini
kyaahh bagusnyaahhh

setelah sampe di MTR Tsim Sha Tsui dan sebelom masuk Mirador Mansion, gue menyempatkan ke 7-Eleven buat beli makanan karena nyadar terakhir kali makan ya pas di pesawat. akhirnya beli semacem popmie tapi guedhee bener. diseduh disana, dan dimakan di kamar. tapi ujungnya gak abis saking banyaknya. kemudian tidur deeeh. selesai sudah perjalanan hari pertama di Hong Kong. harus istirahat yang banyak demi kaki yang sehat biar bisa diajak jalan-jalan lagi karena besok mau keluyuran di Macau!!! itinerary Macau nggak kalah padetnya sama Hong Kong day 1 ini. jadi tunggu saja kelanjutannya!

oke, sekarang cerita tentang guest house. Hong Kong dikenal sebagai kota yang memiliki akomodasi yang mahal tapi sempit. buat traveler kere dan sendirian kaya gue, pilihan utamanya pasti guest house. gue baca-baca dan orang pada bilang mending ambil GH di daerah Tsim Sha Tsui karena strategis. okedeh, the choices were already narrowed down to two. Golden Crown sama Cosmic. dari harga, jelas Cosmic menang karena buat single bed, harganya cuma HKD180 sementara Golden Crown HKD350. cuma review-nya bagusan Golden Crown, jauh. pada akhirnya gue pilih Cosmic dan bayar di Indonesia melalui websitenya yang diarahkan ke paypal. location wise, Cosmic ini enak banget karena dari exit (kalo gaksalah) D station MTR Tsim Sha Tsui, tinggal jalan beberapa langkah dan udah sampe. naik lift ke lantai 12, dan tibalah di Cosmic. ini receptionnya:


kamarnya? ini dia....
zoom deh gambarnya (open in new tab terus zoom) AAAKK pemandangan di temboknya! aku ternoda~



lumayan sih ada AC yang dingiiin (alhamdulillah), TV, dan lainnya. TV nya sendiri kagak gue setel. gimana kamar mandinya?



ONDE MANDE SEMPITNYOOOOOOOOOOOOO!!! itu sliding doornya pas ditutup hampiiir nempel sama pispot (gatau namanya apa..). jadi kalo mau nutup, harus nyempil di sebelahnya atau naik ke atasnya. showernya juga ditaro seadanya gitu. ada washtafel tapi lokasinya menyedihkan gitu... sempit banget deh pokoknya. kalo mandi itu basah semua sekamar mandi saking sempitnya. gue pas mandi senyum senyum aja sambil bergumam "gue gakmau nginep disini lagi....."

No comments:

Post a Comment